Pengembangan Sistem Informasi Puskesmas Terintegrasi sebagai Upaya Peningkatan Layanan Kesehatan Masyarakat di Kabupaten Malang

Penulis

  • Issa Arwani Arwani
  • Sabriansyah Rizqika Akbar Universitas Brawijaya
  • Dahnial Syauqy Universitas Brawijaya
  • Barlian Henryranu Prasetio Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

sistem informasi, puskesmas, kesehatan masyarakat

Abstrak

Puskesmas mitra pengabdian di Kabupaten Malang belum sepenuhnya didukung oleh Sistem Informasi Manajemen dalam mengelola data dan memberikan layanan kesehatan masyarakat. Proses pencatatan dan pelayanan setiap unit di Puskesmas masih dilakukan menggunakan aplikasi office. Hal ini menimbulkan data yang tersimpan di setiap unit tidak terintegrasi dan proses pertukaran data dilakukan secara manual sehingga monitoring layanan tidak bisa dilakukan secara realtime. Proses pembuatan laporan juga masih dilakukan secara manual dengan mengumpulkan berkas-berkas dan arsip layanan harian. Dalam hal ini, Puskesmas memerlukan waktu khusus yang dialokasikan setiap akhir bulan untuk membuat laporan ke Dinas Kesehatan. Dalam kegiatan pengabdian ini, telah dibangun Sistem Informasi Puskesmas berbasis web secara terintegrasi meliputi layanan di unit loket pendaftaran, poli, laboratorium, apotik, dan kasir. Sistem Informasi Puskesmas dikembangkan dengan metode waterfall dan diimplementasikan dengan framework codeigniter. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan pengabdian, Sistem Informasi Puskesmas yang dikembangkan dapat memberikan proses pelayanan dan pelaporan yang efisien serta mampu memberikan gambaran nyata kondisi layanan kesehatan masyarakat di Puskesmas mitra pengabdian.

Unduhan

Diterbitkan

01/25/2022

Terbitan

Bagian

Artikel