Pengenalan Pemrograman Mobile Menggunakan Progressive Web Apps untuk Siswa SMK Negeri 1 Bangkinang

Penulis

  • Khusaeri Andesa
  • Torkis Nasution STMIK Amik Riau
  • Herwin
  • Nurjayadi

Kata Kunci:

hybrid application, mobile programming, web programming, Progressive Web Apps

Abstrak

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis program dengan mengenalkan dan melatih penggunaan Progressive Web Apps pada perangkat mobile smartphone sistem operasi Android. Partisipan sebanyak 27 peserta berpartisipasi di Program PkM Teknologi Informasi SMK Negeri 1 Bangkinang, Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau dilaksanakan pada tanggal 1, 2, 3 November 2022.  Jurusan RPL memfokuskan pada kemampuan siswa pada pemrograman mobile, namun komputer yang tersedia tidak mampu menjalankan bahasa pemrograman native, sehingga diperlukan bahasa pemrograman dengan framework siap dijalankan di perangkat mobile. Untuk mengatasi permasalah tersebut adalah penerapan Progressive Web Apps yang mumpuni dijalankan secara hybrid. Sebagai bahan evaluasi, menggunakan metode observasi partisipan dengan mempersiapkan catatan lapangan yang digunakan untuk menunjukkan proses kegiatan berlangsung. Dokumen berupa teks dan gambar peserta pelatihan dikumpulkan dan dijadikan bahan bukti kemandirian peserta pelatihan. Data dari catatan lapangan dan teks peserta didik dianalisis menggunakan analisis tematik dengan pendekatan induktif. Ditemukan bahwa tim PkM dapat membangun pengetahuan dan kemampuan peserta didik dalam melakukan pemrograman menggunakan Progressive Web Apps dan mempraktekkan secara langsung. Tim PkM mengimplementasikan pengajaran eksplisit dan bimbingan tutor untuk memfasilitasi peserta pelatihan dan berusaha secara mandiri dalam aktivitas mendesain tampilan aplikasi, menulis program, membangun logika, menganalisa permasalahan, menyelesaikan masalah dan menjalankan secara mandiri dalam bentuk kelompok. Berdasarkan hasil post-test dan pre-test didapatkan adanya peningkatan kapasitas keilmuan dan kompetensi pemrograman sebesar 14,7%.

Unduhan

Diterbitkan

03/20/2023

Terbitan

Bagian

Artikel