Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Key Performance Indikator (KPI) Pada Ar Rohmah Islamic Boarding School Group

Penulis

  • Dian Eka Ratnawati Universitas Brawijaya, Malang
  • Marji Universitas Brawijaya, Malang
  • Rekyan Regasari Mardi Putri Universitas Brawijaya, Malang

Abstrak

Performansi suatu perusahaan ataupun organisasi sangat ditentukan oleh performansi dari karyawan, tidak terkecuali dengan Lembaga Pendidikan Ar Rohmah. Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja karyawan adalah melakukan penilaian karyawan menggunakan Key Performance Indicator (KPI).  KPI sangat penting untuk menilai seberapa baik kinerja seseorang. Implementasi KPI di Ar Rohmah belum menggunakan suatu sistem, tetapi masih secara manual. Penilaian secara manual ini menimbulkan beberapa permasalahan, yaitu terjadinya duplikasi, rawan terjadi kesalahan dan perlunya waktu lama untuk dilakukan rekap. Hal ini menjadi sangat tidak efisien dan tidak pula efektif. Untuk itu perlu dibuatkan suatu sistem untuk penilaian kinerja tersebut.

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membuat sistem penilaian kinerja guru berbasis website. Desain yang digunakan untuk mengembangkan sistem ini adalah prototype.  Pertimbangan penggunaan prototype ini adalah karena mitra bisa melakukan koreksi terhadap rangcangan aplikasi sebelum aplikasi diimplementasikan. Adanya koreksi di awal tersebut meminimalisir adanya ketidaksesuaian sistem dengan kebutuhan mitra. Sebelum sistem penilaian kinerja ini diimplementasikan, Tim sudah menunjukkan prototype tersebut kepada mitra.

Sosialisasi sistem penilaian kinerja ini dilakukan dengan cara melakukan pelatihan di lokasi mitra. Peserta pelatihan adalah kepala sekolah SMA dan MQ Ar Rohmah Tahfiz serta semua guru SMA dan Tahfiz. Peserta menjalankan sistem yang dibuat dipandu Tim. Pelatihan disertai modul yang dibuat oleh Tim. Hasil evaluasi menunjukan bahwa sistem yang dikembangkan 100%  mudah dipahami, bermanfaat (78,6% sangat bermanfaat, 21,4% bermanfaat), sesuai dengan kebutuhan Lembaga,  serta dapat meningkatkan kinerja lembaga.

 

Abstract

The performance of an institution's employees primarily determines the performance of a company or organization, and the Ar Rohmah Educational is no exception. Improve performance can effectively use Key Performance Indicators (KPIs) as assessment criteria. This manual assessment raises several problems, namely the occurrence of duplication, prone to errors, and a long time to do a summary. These problems become very inefficient and ineffective too. Therefore, a system is necessary to cover the limitation.

A team from the Faculty of Computer Science Universitas Brawijaya (Filkom-UB) held a university social responsibility with Ar Rahmah Boarding School Group as a partner to create a website-based teacher performance assessment system. The development design applied is a prototype, as partners can make corrections to the application design before it is implemented. A correction at the beginning minimizes the system's incompatibility with the partner's requirements.

This performance evaluation system is socialized by conducting training for the partner. The training participants were the principals and teachers of the senior high school grade. In the training, participants learned the modules and ran the system with Filkom-UB's team guidance. The evaluation results show that the system developed is 100% easy to understand, functional according to the institution's needs (78.6% very useful, 21.4% useful), and can improve the performance of the institution.

 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

08/02/2023

Terbitan

Bagian

Artikel