Metode Computational Thinking untuk Peningkatan Kemampuan Bahasa Pemrograman Python Siswa SMK
(Studi Kasus: SMK Asshiddiqiyah Karangpawitan, Garut)
Kata Kunci:
SMK, RPL, data science, python, berpikir komputasiAbstrak
Kemampuan memprogram salah satu bahasa pemrograman komputer banyak menghadapi masalah dalam kemampuan berpikir komputasi (computational thinking) bagi sebagian siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Sebagian siswa merasa frustasi dengan tingkat kesulitaan algoritma dan berpikir komputasi dari berbagai bahasa pemrograman komputer dan cenderung bingung saat pembuatan aplikasinya. Dalam penelitian ini,kami mengeksplorasi kemampuan siswa SMK menggunakan bahasa pemrograman Python untuk menganalisis data science kebutuhan dunia kerja setelah lulus. Kami melakukan reformasi dalam berpikir komputasi saat melakukan perencanaan teknik pengajaran, metode logika berpikir komputasi, dan efisiensi baris kode program. Teknik dan metode pengajaran computational thinking yanga kami usulkan dalam penelitian ini mudah diterima oleh para siswa. Hasil Indek Kepuasan Siswa (IKS) menunjukkan bahwa jumlah kuesioner terisi sebanyak 30 sampel responden yang dibuatkan dalam 5 pertanyaan dengan bobot 5 kriteria BRRT, diperoleh nilai NRR untuk pertanyaan-1 sebesar 3,53 (NRRT=0,07); pertanyaan-2 sebesar 3,00 (NRRT=0,06); pertanyaan-3 sebesar 3,13 (NRRT=0,06); pertanyaan-4 sebesar 3,93 (NRRT=0,08); dan pertanyaan-5 sebesar 3.90 (NRRT=0,08). Selanjutnya jumlah NRRT sebesar 0.35 untuk setiap bobot per pertanyaan adalah 20.Indeks Kepuasan Siswa (IKS) memperlihatkan hasil sebesar 7,00 yang berarti mendapatkan Grade A (Sangat Baik).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Risnandar Ph.D., Wikky

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.